iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

16 November 2008

Web Services (Bag. II)

Web service merupakan sebuah layanan yang bisa mempertukarkan data dalam format XML (eXtensible Markup Language) melalui jaringan intranet atau internet. Beberapa standar web service yang dikembangkan oleh W3C saat ini diantaranya: XML-RPC (eXtensible Markup Language-Remote Procedure Call), SOAP (Simple Object Access Protocol), UDDI (Universal Description, Discovery, and Integration), WSDL (Web Services Description Language).

1.1 XML-RPC

XML-RPC adalah sebuah protokol RPC yang menggunakan XML untuk mengkodekan pemanggilannya dan menggunakan HTTP (Hyper Text Transport Protocols) sebagai mekanisme pengiriman pemanggilannya. Protokol ini merupakan spesifikasi dan kumpulan implementasi yang membuat sebuah software bisa berjalan pada sistem platform yang berbeda.

Pada XML-RPC didesain sesederhana mungkin untuk dapat melakukan pengiriman data dengan struktur yang kompleks, kemudian memproses dan mengembalikannya.

1.2 SOAP

SOAP juga merupaka sebuah protokol berbasis XML yang digunakan untuk pertukaran data pada sitem terdistribusi dan dan terdesentralisasi. Protokol in independen terhadap platform dan model pemrograman. Pesan SOAP dapat dikirimkan dengan menggunakan protokol HTTP, SMTP dan FTP.

Karena protokol ini berbasis XML, maka pesannya merupakan sekumpulan XML scheme yang mendefenisikan format untuk mentransmisikan pesan XML melalui jaringan, termasuk tipe data dan cara penyusunan pesan secara tepat sehingga mudah dipahami oleh server atau end-point yang lain.

Pesan SOAP terdiri atas tiga elemen yakni:

  • Elemen Envelope, yang mengidentifikasi XML document sebagai SOAP message. Elemen ini harus ada.
  • Elemen Header yang berisi informasi header dan bersifat optional. Elemen ini mendefenisikan bagaimana sebuah pesan harus diproses oleh penerima pesan. Fitur tambahan yang bisa disertakan misalnya autehentikasi, rute pesan, informasi tambahan lainnya.
  • Elemen Body, yang berisi informasi pemanggilan dan responnya. Elemen ini harus ada.
  • Elemen Fault yanmg berisi informasi kesalahan yang terjadi. Elemen ini bersifat optional.

Keuntungan menggunakan SOAP, diantaranya:

  • SOAP menggunakan HTTP yang dapat berkomunikasi lebih mudah melalui proxy dan firewall.
  • SOAP cukup berguna dalam mengijinkan user menggunakan protokol transport yang berbeda.
  • SOAP bisa menggunakan platform dan bahasa pemrograman yang independen
  • SOAP lebih sederhana dan dapat diperluas.

1.3 UDDI

UDDI merupakan sekumpulan spesifikasi yang menunjukkan regsitry informasi mengenai web service. UDDI menyediakan sebuah mekanisme yang dapat mempublikasikan informasi mengenai bisnis dan service pada suatu lokasi (repository) yang dikelola secara terpusat dan melakukan quuery mengenai informasi tersebut secara dinamis dan prpgrammatis.

UDDI berbentuk file XML Scheme yang mendefenisikan struktur data mengenai karakteristik bisnis dan service. Deskripsi service didefenisikan dengan menggunakan dokumen Type Model (tModel).

UDDI berisi informasi mengenai siapa yang menyediakan service (businessEntity), jenis service yang disediakan (businessService), lokasi service yang tersedia (bindingTemplate), referensi mengenai informasi informasi bagaimana service tersebut diperoleh ( tModel )

1.4 WSDL

WSDL merupakan bahasa standard yang menyediakan mekanisme untuk

mendeskripsikan Service yang disediakan oleh sistem (Web service), lokasi

keberadaan service tersebut dan bagaimana cara memperolehnya, secara terstruktur dalam format XML. WSDL dapat dianalogikan sebagai IDL ( interface definition language) dalam CORBA dan COM. Service dedeskripsi kan sebagai koleksi dari entry-point atau port komunikasi. WSDL mendeskripsikan service dengan menggunakan elemen sebagai berikut :

  • Type – tipe data yang digunakan sebagai argumen dan return type
  • Message – merepresentasikan definisi data yang ditransmisikan
  • Port type – sekumpulan operasi yang didukung oleh satu atu lebih endpoint
  • Binding – mendefinisikan protokol dan format pertakaran data untuk operasi yang didefinisikan oleh Port type
  • Port – menspesifikasikan end-point yang digunakan untuk binding
  • Service – koleksi endpoint yang berkai tan yang disediakan oleh Web service
  • Operation – mendefinisikan kemampuan yang didukung oleh servis tertentu

Web Service menggunakan Standard terbuka, yaitu: XML sebagai bahasa untuk mendeskripsikan data, SOAP sebagai protokol komunikasi antar komponen, WSDL (Web Service Description Language) untuk mendesktipsikan service, UDDI untuk service discovery, dan HTTP sebagai transport layer.

source: http://stmik-tm.blogspot.com

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online