iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

16 November 2008

Review Laptop B|Y|O|N W5211 GSR

Source: http:/kiematubu.blogspot.com

Kemarin tanggal 1 November 2008, pameran komputer dimulai di Jogja Expo Center (JEC). Pameran kali ini bertajuk Yogyakomtek 2008. Karena tidak ada kegiatan, maka hari itu saya merencanakan ke sana sekitar jam 14.00. Sebenarnya saya ke sana hanya untuk melihat harga projector. Soalnya beberapa hari yang lalu pihak STMIK Tidore Mandiri rencana membali projector untuk keperluan kampus, dan meminta tolong kepada saya untuk mencarikan barang yang cocok.

Tapi tulisan ini bukan berkaitan dengan perburuanku mencari projector.

Setelah berjalan ke sana-kemari, tiba-tiba mataku tertuju pada salah satu stand yakni B|Y|O|N. Ketika berada di luar gedung JEC, saya tidak menyangka kalau B|Y|O|N membuka stand juga karena di pamflet dan sponsor tidak tercantum merek ini.

Saya pun ke sana untuk melihat-lihat. Kebetulan saat ini saya memakai salah satu produk B|Y|O|N yakni seri W5211 g/SR T5850. Ternyata harga sekarang ini cukup melambung tinggi. Harganya sekarang sudah hampir 8,5 juta. Padahal dua bulan lalu, saya cuma membelilnya 7,3 juta. “Ini gara-gara dollar” kata penjaga stand.

Sekadar berbagi, seri W5211 G/SR T5850 ini memang dari sisi kinerja cukup memuaskan. Berikut review saya tentang type laptop ini. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi di dalam membeli laptop.

Gambaran umumnya: berbasis Intel Centrino Duo Mobile Technology dengan processor Intel Core2Duo T5950 2.16GHz, LCD 12,1Inc WideScreen, Hardisk Serial ATA 160GB/5400rpm, Intel 965GM Express Chipset, Intel Pro/Wireless 3945 A/B/G, Intel GMA X3100, DVD-RW Super Multi (DVD-RAM Support), Web Cam1,3MP CMOS, Bluetooth, Gigabit LAN, Modem 56Kb, 3xUSB 2.0, Express Card, 3-in-1 Card Reader , Finger Print, dan beratnya cuma 1,8 sudah termasuk baterai.

Hal yang pertama terasa ketika memakai laptop ini adalah dari sisi tingkat kepanasan. Laptop ini sangat TIDAK panas jika diandingkan dengan Laptop ku sebelumnya yang merek NEC.Bahkan sekaran ini saya tidak pernah memakai NotepadCooler (ada yang berminat dengan NotepadCooler-ku??). Hal ini dikarenakan bahan yang dipakai pada casingnya adalah Magnesium Alloy. Secara singkat Magnesium Alloy adalah bahan yang ringan, kuat, dan gampang menghantar dan melepaskan panas. Silahkan tanya paman Google jika ingin tahu lebih banyak.

Jika Anda pencinta Linux, laptop ini cocok bagi Anda. Kebetulan saya menggunakan Ubuntu 8.04. Dan semua hardware yang selama ini bermasalah seperti VGA, SoundCard, Kamera, bluetooth, atau wifi bisa dikenal dengan baik di Ubuntu 8.04. Semua langsung berjalan tanpa setting-an tambahan. TANPA repot-repot menginstal DRIVER seperti yang biasa Anda lakukan jika memakai Windows. LUAR BIASA.....!

Hal lain yang menguntungkan jika memakai Ubuntu 8.04 adalah dari sisi penggunaan baterai. Jika memakai WinXP indikaktor hanya menunjukkan sampai 120 menit saja dengan penggunaan normal. Mis mengetik, browsing dengan memakai WIFI. Tetapi jika memakai Ubuntu, laptop ini bisa bertahan sampai 180 menit. HEBAT kan...?

Walau demikian, tentu tetap mempunyai kekurangan. Diantaranya, suara speaker internalnya kurang bagus. Kadang malah seperti pecah. Tapi saya memang jarang memakainya. Kalau di rumah, langsng pakai speaker Simbadda CST6000. Sedang ditempat lain, memakai headphone. Lebih adem.

Satu lagi jika memakai Ubuntu, terkadang Ubuntu tidak mampu menampilkan indikator baterai dengan tepat. Kadang dia nyatakan lagi memakai baterai, tetapi kenyataanya power dicolokkan ke listrik. Tetapi hal ini tidak jadi masalah.

Kalau Anda memakai windows, katanya ada program yang disertakan untuk menajemen baterai yang bisa membatasi engisian baterai samapai batas tertentu, tidak samapi 100%. Ini berguna untuk tetap mempertahankan perforam baterai. Feknologi ini diadopsi dari Asus.

Sebagai informasi tambahan, garansi B|Y|O|N diberikan oeh ASTRINDO yang juga agen ASUS untuk Indonesia. Jadi bagi saya B|Y|O|N merupakan produk dalam negeri yang paling pantas untuk dimiliki.

Banyak keunggulan B|Y|O|N yang belum saya ungkap di sini, mislanya standarisasi CBB. Silahkan merujuk ke www.byon.co.id

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online