iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

17 November 2008

Review Blog: Open Source

Di blog ini, saya secara rutin akan mereview blog-blog yang ada di Indonesia. Pemilihan blog yang saya review berdasarkan hasil pencarian teratas (diantara blog-blog milik pribadi) yang dilakukan oleh www.google.com. Blog tersebut saya dapatkan dengan memasukkan kata kunci tertentu. Tentu saja posisi sebuah blog bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.  Apa yang ada ditulisan ini, hanyalah pandangan pribadi saja. Selamat menikmati.

Kali pertama ini saya menggunakan kata kunci "Open Source".
Hasil yang saya dapatkan adalah webnya IGOS (Indonesia Open Source).Tapi karena ini bukan milik pribadi, maka saya mencari beberapa link yang berada di bawahnya. Dan pemenangnya adalah .......webnya Mas Romi Satriawahono dengan link http://romisatriawahono.net/category/open-source/
Walau berada di urutan ke-6 (pencarian dilakukan pada tanggal 17 Nov. 2008 jam 19.05 WIB), tapi hasil ini sangat wajar mengingat dorongan Mas Rommi untuk memasyarakatkan gerakan open source.
Diantara kategori Open Source yang berada di blog ini, yang paling menarik bagi saya adalah  postingan yang berjudul  "Romi Satria Wahono eUniversity".
Tulisan ini menceritakan kiprah Mas Romi untuk mengembangkan sayapnya (bunrung kali.....he he) dalam memanfaatkan internet untuk mencerdaskan masyarakat.
Setelah IlmuKomputerDotCom,(IKC),  ternyata mas Romi berniat melakukan e-learning dengan model lain.
Saya sendiri melihat bahwa kedua e-learning ini cukup berbeda.
Perbedaan utamanya, untuk IKC, seluruh komunitas dunia maya di Indonesia diundang untuk turut berpartisipasi menyumbangkan ilmunya. Hampir semua bidang ilmu yangberkaitan dengan komputer, sistem informasi, software dan lain sebagainya tumpah ruah meramaikan situs ini. Sedangkan  eUniversity ini, materinya hanya diberikan oleh Mas Romi yang sepertinya merupakan bahan ajar yang selalu beliau berikan saat mengajar. Bidang lingkupnya pun di batasi, dan dikategorikan berdasarakan nama mata kuliah yang biasa diberikan di perguruan tinggi. Liat saja, sampai saat ini, materi yang ada adalah:
  1. Object-Oriented Programming (oop)
  2. Metodologi Penelitian (mp)
  3. eLearning System Development (esd)
  4. Software Engineering (se)
  5. Advanced Topic on Software Engineering (atse)
  6. Game Design and Development (gdd)
  7. Game Programming (gp)
  8. Object-Oriented Analysis and Design (ooad)
  9. Knowledge Management (km)
Satu hal lagi, yang membedakan adalah, bagi yang mengikuti materi di eUnivesity ini, akan dibimbing secara langsung oleh Mas Romi. Tugasnya pun ada. Jadi seperti anak kuliahan. Bedanya tanpa tatap muka.

Cuma mgkn ada satu kekurangan menurut saya, yakni kurang(tidak ada)nya kontrol terhadap peserta. Yang saya maksud adalah, ketika seorang peserta sudah mendaftar dan  tidak melakukan aktifitas pengerjaan dan pengumpulan tugas dalam waktu tertentu, tidak ada peringatan dari sistem. Tentu saja Mas Romi mengontrol yang mengontrol peserta yang tidak aktif (karena tentu mas Romi punya banyak aktifitas lain) secara langsung, cukup mesin yang mengejakannya.
Tapi terlepas dari itu, bagi yang ingin benar-benar mendapatkan ilmu hal seperti ini tentu tidaklah perlu.

Nah bagi yang ingin mendapatkan berbagai jenis ilmu itu, silahkan ikutan. FREE kok. tanpa ada biaya tersembunyi. He.. he.. he.
Semoga semakin banyak orang di negeri ini yang mengikuti jejak Mas Romi.

regard

A | Kha

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online