iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

21 November 2008

Update (lagi) ke Ubuntu 8.10

Setelah menunggu lama (sejak awal Oktober 2008), akhirnya tanggal 30 Oktober, versi terbaru Ubuntu dengan Codename Intrepid Ibex keluar juga dari lembah pertapaanya. Begitu lamanya, saya malah mengira tidak jadi keluar di bulan Oktober he he... Nah.. saya berpikir saat itu, kalau keluarnya bulan November tidak dinamakan Ubuntu 8.10 lagi, tapi Ubuntu 8.11 (sesuai dengan bulan keluarnya).

Saya begitu menunggu versi ini karena pada versi 8.04, masih terdapat masalah ketika dijalankan di Notebook yang saya pakai. Setidaknya ada dua, yakni ketika jack speaker ekternal saya colokkan, suara dari speaker internal tetap keluar (biasanya kan langsung off secara otomatis), dan tidak mampu mendeteksi status baterai dengan tepat. Terkadang, dianggap tetap pakai baterai walaupun kabel power saya colokkan ke listrik.

Tapi syukurlah, akhirnya versi terbaru itu keluar juga. Namun demikian saya tidak bisa serta merta melakukan upgrade karena kesibukan kuliah. Cuma persiapan awal yang saya bisa lakukan lakukan, misalnya dengan melakukan backup.

Nah setelah mendownload ISOnya dan membakarnya, sayapun melakukan update.

Untuk kali ini saya melakukan fresh installation. Partisi tempat Ubuntu 8.04 bercokol akan saya format. Tapi, perlu diketahui bahwa, selama ini saya memang menyediakan partisi khusus untuk /home. Dengan harapan bahwa jika suatu saat saya melakukan Updaate, semua file2 dan beberapa setting-an tidak terganggu.

Untuk proses Update, bisa langsung mengacu ke www.ubuntu.com. Disana disediakan tutorial bergambar. Jadi bagaimanapun cara Anda akan melakukan proses update, akan terbantu.

Dan memang, setelah proses instalasi selesai dan restart, yang nampak pertama adalah settingan dekstop tidak berubah. Baik konfigurasi warna maupun wallpapernya.
Jadi kesimpulan saya, semua konfigurasi dekstop tersimpan di /home.

Karena ini masih konfigurasi dasar, tentu saja beberapa aplikasi belum terinstal.

Untunglah tadi pagi saya ke kampus dan melakukan proses update dan penginstalan beberapa paket untuk kebutuhan sehari-hari. Saya lakukan di kampus, karena kebetulan pada jaringan kampsu disediakan mirror untuk repository. Sehingga lebih cepat.

Beberapa aplikasi tambahan yang saya instal diantaranya: Audacious (Pengganti XMMS, mp3 player), VLC (player video serba guna, hampir semua format bisa dia mainkan, Downloader for X (Download Manager), Kopete (buat YM, walaupun sudah ada Pidgin yang terinstal secara default pada instalasi dasar), Thunderbird (Email Client), Grisbi (Aplikasi pengaturan Keuangan), Compiz Manager dan Emerald (buat tampilan yang lebih elegan), dan lainnya.

Akhirnya, tampilan dekstop Ubuntuk dan program Aplikasi kembali seperti semula. Email yang sudah terdownload dulu, kembali nampak di Inbox Thunderbird tanpa ada yang berkurang. He he... ! Begitupun dengan beberpa file yang dulu belum sempat selesai didownload oleh Downloader fo X juga masih bercokol disana dan ketika program ini saya buka, proses download dia lanjutkan dengan mulus. Kembali he he he...!

Soal tampilan, jangan ditanya lagi. Saya puas banget pada versi ini. Mudah-mudahan pada bulan April tahun depan, Ubuntu versi 9.04 jauh lebih lagi.
Coba liat screenshot yang saya tangkapkan di bawah ini:
Indah...kan?

Oh iya.... mengenai masalah suara tadi, pada versi ini sudah tertasi dengan baik.
Cuma baterai kayaknya belum teratasi. Kadang si Ubuntu masih bingung menentukan status baterai.

Selain baterai, masih ada satu hardware yang kayaknya masih bermasalah di notebook-ku ini, yakni fingerprint. Nanti saya akan coba cek lagi, apa ada aplikasi di Ubuntu untuk yang satu ini.

Setelah selesai proses update, masih ada satu hal yang ingin saya lakukan yakni, men-setting agar pada Ubuntu 8.10 ini saya bisa gunakan HP LG KU250 sebagai modem untuk koneksi ke Internet. Jika berhasil, akan saya buatkan tutorialnya di blog ini.

Ditunggu saran dan komentarnya..!

regard

A | Kha

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online