iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

16 November 2008

Dasar Kompresi-Dekompresi (bag. I)

Kompresi data (data compression) adalah sebuah proses yang mengubah stream data input menjadi stream data output dengan ukuran yang lebih kecil. Proses pembalikan data yang sudah dikompres menjadi data seperti semula disebut dekompresi (decompression). Stream data digunakan sebagai istilah untuk menunjukkan sebuah proses pembacaan atau penulisan data dari atau ke sebuah file atau dari sebuah buffer dalam memori komputer.

Walaupun telah banyak algoritma kompresi yang dikembangkan, tetapi prinsip utama dari algoritma-algoritma tersebut seringkali sama, yakni senantiasa mencoba untk mengurangi redudansi dalam stream data input. Redudansi adalah tingkat optimalisasi suatu metode. Makin kecil nilainya, maka makin optimal metode tersebut.

Pada kompresi data, sebuah kode biasanya sama dengan sebuah bit string. Pada teori informasi, kode adalah sebuah simbol yang mewakili simbol lain. Simbol dapat berupa sebuah karakter atau huruf, walaupun tidak harus seperti itu.

Pada komputer, kode standar yang umum digunakan adalah kode ASCII (American Standards Committee for Information Interchange) yang terdiri dari 256 huruf, yang dienkode masing-masing dengan 8 bit.(lihat lampiran 1). ASCII digunakan sebagai representasi standar pada dunia komputer karena kemudahan perpecahan sebuah pesan menjadi sebuah huruf. Ini mudah dilakukan karena setiap huruf memakai kode yang sama panjangnya. Tentu saja, untuk aplikasi-aplikasi tertentu penggunaan kode ASCII kurang efisien.

Hal ini bisa dilihat pada teks bahasa Indonesia, huruf 'e' dengan kode ACII 101(16) atau 01100101(2) sering dipakai. Sebaliknya huruf-huruf tertentu seperti Umlaut atau “ΓΌ” dengan kode ASCII 252 jarang digunakan, bahkan tidak ada kata dalam bahasa Indonesia yang menggunakan huruf tersebut. Oleh karena itu untuk bahasa Indonesia kurang bagus jika menggunakan kode ASCII 8 bit. Karena akan terjadi pemborosan.


Source: http://kiematubu.blogspot.com

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online