iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

23 November 2008

Content Management System: Aplikasi Web Berbasis Konten

Pernah mendengar Joomla? atau Mambo? atau Moodle? Nah itulah beberapa contoh Content Management System atau CMS yang merupakan aplikasi Open Source. Eh.. bahkan blogger dan Wordpress yang Anda gunakan juga merupakan salah satu jenis CMS.
Nah.. kali ini kita akan membahas sedikit tentang CMS.
CMS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki sistem sedemikian rupa sehingga pengguna dan pengelola sangat dipermudah. KOnsep yang dipakai adalah, pemakai ataupengguna tidak perlu lagi berhubungnan dengan script dalam membangun sebuah sistem berbasis web. Pengguna cukup memikirkan isi (Content)-nya saja.

Pada umumnya CMS memiliki dua bagian kategori yakni bagian backend dan Frontend. Bagian frontend merupakan bagian yang hanya bisa diakses oleh pengguna biasa. Sedangkan bagian frontend, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Kecanggihan serta fitur masing-masing CMS tentu saja berbeda.Penggunaan sistem hierarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnya punsangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses yang user anggotanya hanya dapat mengirimkan suatu artikel/berita, sampai pada  level admin yang dapat mengakskes semua fitur yang ada..
CMS biasa dipergunakan untuk beberapa aplikasi berbasis web/jaringan seperti website perusahaan, busnis, komunitas, organisasi, portal, e-commerce, e-learning, blog pribadi dan sebagainya.

Ingin mencoba? Doawnload aja scriptnya dari masing-masing cms tersebut. Semuanya totally free...! Coba instal di komputer Anda. Tapi sebelumnya sediakan dulu server apache. module PHP dan database MySQl di kopmuter. Tapi jangan khawatir, sekarang banyak software yang membundel ke-3nya kedalam satu paket jika hanya ingin melakukan percobaan di komputer lokal.

Enjoy it!

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online