iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

27 November 2008

Tips Memelihara Baterai Laptop

Baterai pada Laptop sering menjadi hal yang menentukan dalam membeli sebuah laptop. Tentu saja kita tidak ingin kondisi baterai laptop menjadi jauh dari yang diharapkan padahal belum cukup setahun.

Keadaan seperti ini terjadi pada laptop pertamaku dulu. Setelah membaca bergbagai sumber, ternyata kesalahan ada pada cara saya memperlakukan batetai laptop tersebut.

Agar kejadian yang pernah saya alami dulu tidak terjadi pada Anda, berikut ini beberapa tip berdasarkan beberapa sumber yang saya pernah baca. Tips ini saya terapkan pada laptop yang saya miliki sekarang ini. Mudah-mudahan berguna.

  1. Baca dengan detail terlebih dahulu buku manual yang diberikan oleh produsen. Buku manual itu diberikan bukan untuk dijadikan pembungkus kacang. Buku tersebut perlu, karena kadang-kadang tiap merek mempunyai perlakuan khusus yang berbeda.
  2. Lakukan pengisian baterai sampai penuh tanpa menghidupkan laptopnya, walaupuna ada juga merek tertentu yang tidak mengharuskan demikian. Tapi saran saya, agar pengisian pertama maksimal, sebaiknya diisi dalam keadaan mati. Sebenarnya ketika masih di pabrik, baterai tersebut sudah diisi penuh, tapi seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja berkurang.
  3. Setelah penuh, nyalakan laptop Anda tapi dengan sumber power dari baterai saja. Nyalakan sampai isi baterai tersedot habis dan laptop mati sendiri. Khusus langkah ke 3 ini, sebaiknya dilakukan secara berkala misalnya tiap bulan.
  4. Jika menggunakan listrik AC secara konstan untuk jangka waktu yang lama secara terus menerus, misalnya samapai 24 jam, sebaiknya baterai di copot aja dulu jika sudah penuh.
  5. Pada umumnya baterai laptop mengenal jumlah pengisian ulang maksimal. Setelah nilai itu terlewati, performa kan menurun. Counter yang menghitung nilai tersebut, ada pada baterai. Salah satu cara mengakali counter ini adalah dengan tidak melakukan pengisian penuh. Pengisian penuh hanya dilakukan jika betul betul dibuthkan. Sebenarnya ada beberapa jenis laptop yang mempunyai kemampuan untuk pengatusan level pengisian. Misalnya proses pengisian hanya samapai 80%. Setelah itu akan berhenti dengan sendirinya. Laptop yang mempunyai kemampuan ini diantanya mereka ASUS dan B|Y|O|N seri M31W S/S dan M31F G/S.
Nah.. itulah beberapa tip yang saya bisa berikan. Sebenarnya banyak tips yang lain. Jadi nanti aja ya, tis tambahannya.

regard

A| Kha

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online