iklan

lagi cari sesuatu? Gunakan fasilitas ini ..

12 Maret 2009

Kenapa Saya Bisa Lupa?

Siang tadi saya mengalami sebuah kejadian yang sebenarnya biasa saja, namun sempat berkelebat sebuah pertanyaan di benak saya.

Awal mulanya ketika menuju kampus untuk ketemu dengan pembimbing, entah mulainya dari mana, saya ingat salah PR tempatku ngajar. Masalahnya, siang tadi.. saya betul-betul tidak bisa mengingat nama beliau selama beberapa saat (kurang lebih 15 menit). Padahal, diantara pejabat rektorat, beliau ini yang saya anggap dan merasa paling saya kenal dengan baik. Beliau pun mengenal saya dengan sangat baik. Jadi intinya adalah sungguh suatu keanehan, kenapa saya bisa lupa.

Baru setelah berusaha dengan sungguh-sungguh selama 15 menit, barulah nama lengkap beliu bisa teringat. Pada mulanya saya cuma bisa mengingat nama akhirnya (last name). Baru setelah mencoba-coba menggabungkan beberapa nama, barulah teringat nama lengkapnya.

Persoalan ingat-mengingat ini pernah juga dtest oleh teman-teman dimilist e92uh . Masing-masing berusaha mencoba mengingat nomor stambuk ketika masih sekolah dulu. Anehnya lagi, saya bisa mengingat dengan bai stambuk ketika masi SMP tetapi stambuk waktu SMA justru tidak teringat. Maknanya, lamanya sesuatu bukanlah menjadi penyebab utama lupanya kita terhadap sesuatu (Tentu saja beda dengan faktor ketuaan, dan saya menganggap usia saya belum cukup tua untuk hal itu).

Memori manusia merupakan sesuatu yang sungguh sungguh ajaib. Sungguh jauh berbeda dengan memori komputer yang kita kenal. Kalau memeri komputer mempunyai keterbatasan penampungan data, tidaklah demikian halnya dengan memori yang ada di otak kita. Jika isi memori di komputer bisa dihapus, tidaklah demikian dengan memori yang ada di otak kita. Sebaliknya, jika kita lupa tentang sesuatu, tidaklah berarti sesuatu itu telah hilang dari memori kita. Sebab kadang-kadang bisa muncul lagi. Beda dengan memori komputer, yang kalau sudah hilang, ya.. hilanglah.

Saya mencoba searching di internet untuk mengetahui penyebab penyakit lupa ini, tapi sampai kalimat ini saya ketik belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Adakah pembaca yang bisa membantu?

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online